Analisis Sistem Pengelolaan Sampah Medis di RSUD Kabelota Donggala

Analysis Management System Medical Waste In Hospital Kabelota Donggala

Authors

  • Eva Nur Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Hamida Hamida Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62016/jrkpk.v2i1.7

Keywords:

Pengelolaan, Sampah Medis, Rumah sakit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana analisis sistem pengelolaan sampah medis  di RSUD Kabelota Donggala. Adapun sistem pengelolaan tersebut yaitu pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengelolaan dan pemerosesan akhir. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu wawancara mendalam dan observasi. Jumlah informan sebanyak 8 orang. Waktu penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2022. Hasil penelitian bahwa pemilahan  sampah medis dan non medis sudah dipisahkan. Pengumpulan sampah medis sudah dilakukan untuk jarum suntik di sefty box, sampah medis kantong plastik kuning, sampah non medis kantong plastik hitam. Pengangkutan dilakukan menggunakan troly dan pengangkutan belum memiliki jalur khusus. Pengelolaan di pihak ketigakan karena incenerator belum ada izin operasional. Pemerosesan akhir sampah diangkut pihak ketiga 6 bulan sekali dan terkadang 1 tahun. Kesimpulan bahwa dari lima proses pengelolaan sampah RSUD Kabelota Donggala tiga proses sistem yang belum berjalan dengan baik, yaitu pengangkutan, pengelolaan dan pemerosesan akhir. Saran diharapkan agar menindaklanjuti TPS yang tidak bisa menampung Sampah medis yang dihasilkan dan menindaklanjuti kerjasama dengan pihak ketiga terkait dengan frekuensi pengangkutan dan pengambilan sampah medis.

References

Aini, F. (2019). Pengelolaan Sampah Medis Rumah Sakit Atau Limbah B3 (Bahan Beracun Dan Berbahaya) di Sumatera Barat. Jurnal Education And Development, 7(1), 13-13.

Minarni, M., Sakung, J., & Budiman, B. (2018). Analisis sistem pengelolaan sampah di rsud raja tombolotutu tinombo. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).

Notoatmojo,soekidjo. 2017. Metedeologi Penelitiam Kesehatan Jakarta : Rineka Cipta

Seprina, Z., Fitria, E., & Santi, J. (2021). Analisis Pengelolaan Limbah Padat Medis di RSUD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Jurnal Kesehatan Maharatu, 2(1), 63-76.

Silaen, P. (2021). Karya Tulis Ilmiah Sistem Pengelolaan Sampah Medis DI RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan Tahun 2021.

Zuhriyani, (2019). Analisis Sistem Pengelolaan Limbah Medis Padat Berkelanjutan di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Nur, E., & Hamida, H. (2023). Analisis Sistem Pengelolaan Sampah Medis di RSUD Kabelota Donggala: Analysis Management System Medical Waste In Hospital Kabelota Donggala. Jurnal Riset Kualitatif Dan Promosi Kesehatan, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.62016/jrkpk.v2i1.7